Blogger Tricks

Sunday, January 25, 2015

>>>KEBUDAYAAN DAN AGAMA

     Kebudayaan adalah kaki manusia. Manusia menjalani kehidupan dengannya. Seni dan ilmu pengetahuan merupakan dua sayap Kebudayaan. Ilmu pengetahuan meninggikan Kebudayaan, sementara seni adalah penyeimbang dan kontrol. Ilmu pengetahuan menggerakkan sayap namun hanya seni yang mampu membuatnya menari.
img01. Sayap Seni dan Ilmu Pengetahuan
     Agama adalah kebudayaan yang telah menemukan sepatunya. Ia membungkus kaki manusia dan menemaninya berjalan ke mana saja. Tuhan tak menyertai sang sepatu sebab Ia sendirilah arah dan tujuan kaki manusia melangkah. Agama tak akan mengantarkan seseorang bertemu Tuhannya saat agama diseret ke arah nafsu dan kepentingan manusia. Kebudayaan, sebagai hasil olah pikir dan tindakan itulah menjadi penentu sebuah agama untuk membawa umatnya bertemu Sang Pencipta. Kebudayaan pula sebaliknya, dapat memanfaatkan agama ke arah kesesatan dan penghancuran.

     Agama adalah bibit kebenaran, Kebudayaan adalah tanahnya. Ketika sebuah kebudayaan mengembangkan kecenderungan negatif maka agama tak akan tumbuh sebagai sebuah pohon kebenaran yang akan memberi manfaat bagi manusia. Kebudayaan menghasilkan kebenaran saat agama tumbuh dengan subur. Agama akan gagal menumbuhkan kebenaran saat diperlakukan dan ditempatkan dalam sebuah habitat yang sakit dan tercemar oleh polusi peradaban. Polusi itu sendiri adalah nafsu keserakahan dan pembangkangan manusia terhadap jati dirinya sendiri. Jati diri manusia sebagai makhluk di hadapan Sang Pencipta alam semesta.


No comments:

Post a Comment